RAJAGUKGUK, DESNAL H. (2020) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANDROID YANG DIKEMBANGKAN TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163131004 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM.4163131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
3. NIM. 4163131004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4. NIM. 4163131004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
5. NIM. 4163131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6. NIM. 4163131004 TABLES.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7. 4NIM. 163131004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
8. NIM. 4163131004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
9. 4163131004 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (660kB) | Preview
13. NIM. 4163131004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM. 4163131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah hasil dan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran kimia berbasis android lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan tanpa media pembelajaran kimia berbasis android dan mengetahui kelayakan media pembelajaran kimia berbasis android yang dikembangkan berdasarkan standar BSNP. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Budi Satrya Medan sebanyak 2 kelas. Sampel penelitian adalah sampel total sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan media pembelajaran kimia berbasis android dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran kimia berbasis android. Instrumen yang digunakan adalah test sebanyak 20 soal yang telah teruji valid dan instrument non tes angket kelayakan media berdasarkan standar BSNP serta angket motivasi belajar siswa sebanyak 30 item. Data kelayakan media dianalisis secara deskriptif, sedangkan data hasil dan motivasi belajar dianalisis secara statistik dengan uji t pihak kanan. Berdasarkan hasil analisis data, media pembelajaran kimia berbasis android yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan BSNP dengan rata-rata kelayakan sebesar 3,75 dengan kriteria sangat valid dan tidak perlu di revisi. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (7,61 >1,67) untuk data hasil belajar dan (14,17 > 1,67) untuk data motivasi belajar, berarti Ho ditolak dan Ha diterima , yang berarti hasil dan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran kimia berbasis android lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan tanpa media pembelajaran kimia berbasis android.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-KIM-022 |
Keywords: | Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android; Hasil Belajar; Motivasi Belajar; Laju Reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 08:15 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40452 |