GULTOM, ANISA ADLIYAH (2020) PENGEMBANGAN E-WORKSHEET TERINTEGRASI PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163131003 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM. 4163131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 4163131003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 4163131003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 4163131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 4163131003 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 4163131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM. 4163131003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 4163131003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
13. NIM. 4163131003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4163131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penggunaan media pembelajaran berbasis android merupakan salah satu penerapan gaya belajar abad ke-21. Dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 2 kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sidamanik, dimana kelas eksperimen 1 diberi e-worksheet terintegrasi pemecahan masalah dan kelas eksperimen 2 diberi power point dengan model direct interaction. Penelitian ini menggunakan tahapan pengembangan media yaitu tahap potensi dan masalah; pengumpulan data; desain produk; validasi desain; uji coba pemakaian; revisi produk; uji coba produk; revisi desain; revisi produk; dan produksi masal. Hasil analisis kelayakan e-worksheet pada aspek kelayakan isi 4,75 ; kelayakan bahasa 4,80; kelayakan penyajian 4,82 serta kelayakan kegrafikan 4,14. Dengan menggunakan e-worksheet yang terintegrasi pemecahan masalah pada materi laju reaksi diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 82,4% dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 75 yang keduanya sudah .melewati Kriteria Ketuntasan Minimum Kimia yaitu 70. Uji hipotesis yang dilakukan menghasilkan thitung > ttabel yaitu 3,88 > 2,042. Dapat disimpulkan bahwa e-worksheet yang terintegrasi pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-KIM-024 |
Keywords: | e-worksheet; laju reaksi; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 08:01 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40451 |