Pakpahan, Rosdelita (2019) INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN MULTIMEDIA UNTUK PENGAJARAN TITRASI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153331027 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 4153331027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3. NIM. 4153331027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
4. NIM. 4153331027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 4153331027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
9. NIM. 4152131024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
13. NIM. 4152131024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
14. NIM. 4152131024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
Abstract
Pada penelitian ini dilakukan inovasi pembelajaran berupa inovasi pada bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar berbasis proyek menggunakan multimedia yang standar untuk digunakan pada pengajaran Titrasi Redoks dalam Kimia Analitik Dasar Kualitatif dan Kuantitatif. Ke dalam bahan ajar ini diintegrasikan 3 proyek dan multimedia berupa animasi, video animasi, da video praktikum yang kemudian digabungkan ke dalam satu e-book menggunakan Flip PDF Professional. Bahan ajar distandarisasi menggunakan angket validasi BSNP lalu direvisi kemudian diperoleh bahan ajar yang standar. Bahan ajar kemudian diuji coba kepada mahasiswa jurusan Kimia semester IV angkatan 2017. Berdasarkan hasil standarisasi kelayakan bahan ajar didapatkan bahwa hasil rata-rata yang diperoleh untuk kelayakan isi sebesar 3,69; kelayakan bahasa sebesar 3,73; kelayakan penyajian sebesar 3,72; dan kelayakan kegrafikan sebesar 3,71 sehingga diperoleh rata-rata 3,71 yang menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid sehingga sangat layak digunakan dan tidak perlu direvisi. Kemudian dilakukan uji coba bahan ajar untuk mengetahui aktivitas (psikomotorik) mahasiswa melalui pengerjaan tugas proyek dan respon mahasiswa setelah menggunakan bahan ajar. Pada saat pengerjaan tugas berupa proyek yang terintegrasi kegiatan laboratorium maka dilakukan penilaian terhadap aktivitas mahasiswa yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu : tahap prakerja, pelaksanaan proyek dan pelaksanaan praktikum. Berdasarkan hasil uji coba bahan ajar maka diperoleh persentase aktivitas mahasiswa sebesar 90%- 98,3% dan respon mahasiswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan melalui angket persepsi mahasiswa dengan rata-rata hasil 86%-94% yang menunjukkan bahwa mahasiswa merasa puas dan dapat lebih mengerti terhadap pengerjaan proyek dalam bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 074 |
Keywords: | Inovasi pembelajaran; Bahan ajar; Pembelajaran berbasis Proyek; Multimedia; Titrasi redoks; Psikomotorik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Sep 2020 15:11 |
Last Modified: | 07 Sep 2020 15:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40387 |