Girsang, Risma Trijuliani (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK DENGAN MULTIMEDIA PADA MATERI ASAM KARBOKSILAT DAN ESTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152131014 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 4152131014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
3. NIM. 4152131014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4152131014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM. 4152131014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
9. NIM. 4152131014 BAB I.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
13. NIM. 4152131014 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 4152131014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Pengembangan bahan ajar modul berbasis proyek dengan multimedia ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar yang telah dikembangkan telah memenuhi standar BNSP dan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar berbasis proyek dengan multimedia pada materi asam karboksilat dan ester lebih tinggi dari harga KKM. Penelitian ini dilakukan di SMAS Parulian 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling, dimana kelas XII IPA sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 (pengulangan). Adapun langkah- langkah dalam penelitian ini adalah : (1) menganalisis silabus kurikulum 2013, (2) menganalisis buku kimia pada materi asam karboksilat dan ester, (3) memvalidasi bahan kepada validator ahli yaitu dosen dan guru kimia sesuai dengan standard BSNP (4) implementasi bahan ajar yang telah dikembangkan pada sampel penelitian . Data peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dengan instrumen tes objektif sebanyak 20 butir soal yang telah diuji kelayakannya sebagai instrument tes. Di awal penelitian dilakukan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan setelah perlakuan penelitian selesai post-test untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil validasi bahan ajar dengan kriteria BSNP dinyaktak layak dan tidak perlu direvisi. Data peningkatan hasil belajar siswa dianalisis dengan uji t satu pihak. Hasil analisis data hasil belajar menunjukkan bahwa kelas eksperimen 1 diperoleh thitung (4,0062) > ttabel (1,699) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dan pada kelas eksperimen 2 (pengulangan) thitung (4,2573) > ttabel (1,699) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Berarti peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar berbasis proyek dengan multimedia lebih tinggi dari harga KKM. Persentasi peningkatan hasil belajar siswa kelas XII IPA 1 sebesar 65,6 % dan peningkatan hasil belajar siswa kelas XII IPA 2 sebesar 64,9 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 057 |
Keywords: | Bahan ajar; Project based learning; Asam karboksilat; Ester; Multimedia; Adobe flash; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Sep 2020 14:28 |
Last Modified: | 07 Sep 2020 14:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40385 |