Sita, Prima (2019) PENGEMBANGAN MEDIA HANDOUT BERBASIS GUIDED NOTE TAKING (GNT) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4152131012 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4152131012 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
3. NIM. 4152131012 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4. NIM. 4152131012 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5. NIM. 4152131012 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
9. NIM. 4152131012 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
13. NIM. 4152131012 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
14. NIM. 4152131012 BIBILIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan produk Handout berbasis GNT ditinjau dari aspek penampilan dan format fisik handout, isi, dan bahasa dan mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan Handout berbasis GNT. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA/MA. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik penentuan sampel (purposive sampling) diambil satu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan media handout berbasis GNT. Penelitian ini dimulai dengan mengembangan handout berbasis GNT dengan awal penyusunan draft handout berdasarkan buku-buku yang berkaitan dengan materi larutan penyangga, kemudian disusun menjadi handout yang berbasis GNT. Rancangan media ini diuji kelayakannya oleh dua orang dosen Kimia UNIMED dan satu guru kimia MAS Al-Washliyah 22 Tembung dengan hasil rata-rata3,569 yang berarti valid dan tidak perlu direvisi. Instrumen penelitian adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah divalidkan oleh dosen ahli. Data pretest dan posttest serta peningkatan hasil belajar kimia siswa diuji normalitas dan hasil yang diperoleh data berdistsribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 36,94 dan rata-rata posttest sebesar 87,778. Adapun untuk peningkatan hasil belajar siswa mengggunakan media sebesar 80,43% dan termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 133 |
Keywords: | Media pembelajaran; Handout; Guided note taking; Larutan penyangga; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 08:47 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40378 |