Sulaiman, Nurul Huda (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK DENGAN MULTIMEDIA PADA MATERI ALKOHOL DAN ETER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153131023 COVER.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2. NIM. 4153131023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
3. NIM. 4153131023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4. NIM. 4153131023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM. 4153131023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM. 4153131023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
13. NIM. 4153131023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
14. NIM. 4153131023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Sekolahh Menengah Atas Negeri 14 Medan, yang bertujuan untuk : (1) mengetahui bahan ajar dan media yang digunakan sebelum dikembangkan pada materi alkohol dan eter memiliki kriteria BSNP, (2) memperoleh bahan ajar berbasis proyek menggunakan multimedia yang telah dikembangkan pada materi alkohol dan eter yang memenuhi kriteria BSNP, (3) mengetahui hasil belajar siswa, dan (4) mengetahui persen peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar berbasis proyek dengan multimedia pada materi alkohol dan eter terhadap ketuntasan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII semester II SMA Negeri 14 Medan Tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah rata-rata 40 orang siswa perkelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sederhana, sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas pengulangan. Sebelum digunakan, bahan ajar kimia berbasis proyek dengan multimedia pada materi alkohol dan eter telah divalidasi oleh dosen dan guru kimia menggunakan instrumen Badan Standar Nasional Pendidikan. Hasil penilaian validasi dosen dan guru terhadap bahan ajar yang dikembangkan memenuhi standar BSNP dengan kriteria valid dan tidak perlu direvisi, dengan rata-rata penilaian dosen sebesar 3,62 dan rata-rata penilaian guru sebesar 3,70. Pada saat implementasi bahan ajar yang telah dikembangkan diperoleh hasil uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 2,65 > 1,684 (kelas eksperimen) dan 3,97 > 1,684 (kelas pengulangan). Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dikarenakan rata-rata hasil belajar siswa kelas XII IPA 2 sebesar 79,87, sedangkan untuk kelas XII IPA 4 sebesar 80,87. Kedua kelas tersebut telah melampaui Kriteria Ketuntasan Minimum disekolah (76,00). Persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas XII IPA 2 adalah 75% dan siswa kelas XII IPA 4 adalah 77% yang keduanya termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 029 |
Keywords: | Pembelajaran berbasis proyek; Bahan ajar; Alkohol; Eter; Multimedia; Macromedia flash; Virtual lab; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 17:10 |
Last Modified: | 28 Aug 2020 17:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40375 |