PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM TERINTEGRASI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Ginting, Eti Tamala (2019) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM TERINTEGRASI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4152131020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4152131020 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4152131020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4152131020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4152131020 ABSTRACT.PDF]
Preview
Text
3. NIM 4152131020 ABSTRACT.PDF - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4152131020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4152131020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 5. NM 4152131020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NM 4152131020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4152131020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4152131020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4152131020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4152131020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4152131020 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4152131020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan keterampilan proses siswa yang menggunakan peenuntun praktikum yang ada di sekolah dan penuntun praktikum yang telah dikembangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA (Peminatan Matematika dan Ilmu Alam) MAN 3 Medanyang berjumlah lima kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini secara purposive sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas sebagai eksperimen. Kelas kontrol mendapat pembelajaran menggunakan penuntun yang ada di sekolah. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran menggunakan penuntun yang telah dikembangkan. Masing-masing kelas tediri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes dan instrumen non-tes. Instrumen tes berbentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang valid dan reliabel dengan reliabilitas 0,756. Instrumen non-tes yang digunakan berbentuk lembar observasi yang telah valid untuk mengukur keterampilan proses siswa. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan postest pada kelas kontrol dan eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 untuk peningkatan hasil belajar siswa diperoleh thitung > ttabel, yakni 3,5725 > 2,0021 berarti Ha diterima, yaitu hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang telah dikembangkan lebih tinggi daripada menggunakan penuntun praktikum yang ada di sekolah. Uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 untuk keterampilan proses siswa diperoleh thitung > ttabel, yakni 2,2695 > 2,0021 berarti Ha diterima, yaitu keterampilan proses siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang telah dikembangkan lebih tinggi daripada menggunakan penuntun praktikum yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 KIM 026
Keywords: Penuntun praktikum; Discovery learning; Keterampilan proses; Hasil belajar; Hidrolisis garam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Aug 2020 15:45
Last Modified: 18 Aug 2020 15:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40347

Actions (login required)

View Item
View Item