Ginting, Eti Tamala (2019) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM TERINTEGRASI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4152131020 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 4152131020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
3. NIM 4152131020 ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. NIM 4152131020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NM 4152131020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
9. NIM 4152131020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
13. NIM 4152131020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
14. NIM 4152131020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan keterampilan proses siswa yang menggunakan peenuntun praktikum yang ada di sekolah dan penuntun praktikum yang telah dikembangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA (Peminatan Matematika dan Ilmu Alam) MAN 3 Medanyang berjumlah lima kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini secara purposive sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas sebagai eksperimen. Kelas kontrol mendapat pembelajaran menggunakan penuntun yang ada di sekolah. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran menggunakan penuntun yang telah dikembangkan. Masing-masing kelas tediri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes dan instrumen non-tes. Instrumen tes berbentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang valid dan reliabel dengan reliabilitas 0,756. Instrumen non-tes yang digunakan berbentuk lembar observasi yang telah valid untuk mengukur keterampilan proses siswa. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan postest pada kelas kontrol dan eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 untuk peningkatan hasil belajar siswa diperoleh thitung > ttabel, yakni 3,5725 > 2,0021 berarti Ha diterima, yaitu hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang telah dikembangkan lebih tinggi daripada menggunakan penuntun praktikum yang ada di sekolah. Uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 untuk keterampilan proses siswa diperoleh thitung > ttabel, yakni 2,2695 > 2,0021 berarti Ha diterima, yaitu keterampilan proses siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang telah dikembangkan lebih tinggi daripada menggunakan penuntun praktikum yang ada di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 026 |
Keywords: | Penuntun praktikum; Discovery learning; Keterampilan proses; Hasil belajar; Hidrolisis garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 15:45 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 15:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40347 |