Hidayat, Rahmat (2012) HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA MENGAJAR GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI PEMATANG BANDAR KABUPATEN SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188130115 Judul.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2. 081188130115 Lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
3. 081188130115 Abstrak.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. 081188130115 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. 081188130115 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
6. 081188130115 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
7. 081188130115 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. 081188130115 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. 081188130115 Bab I.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
10. 081188130115 Bab V.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
11. 081188130115 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kepuasan kerja dengan kinerja mengajar guru, (2) hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja mengajar guru, dan (3) hubungan kepuasan kerja dan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja mengajar guru.Subjek penelitian adalah seluruh guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Pematang Bandar Kabupaten Simalungun dengan jumlah populasi sebanyak 42 orang. Dalam penelitian ini seluruh populasi dijadikan sampel (total sampling). Metode penelitian bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penelitian dilakukan. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Instrumen yang digunakan adalah angket, pengujian validitas butir menggunakan koefisien korelasi product moment, dan untuk uji reliabilitas digunakan Rumus Alpha. Instrumen angket kinerja mengajar guru yang valid diperoleh 26 butir dari 32 butir angket yang diujicobakan, dan mempunyai reliabilitas sebesar 0,864. Instrumen angket kepuasan kerja yang valid diperoleh 20 butir dari 23 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,870. Sedangkan instrumen angket kepemimpinan kepala sekolah yang valid diperoleh 25 butir dari 32 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,891.Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat hubungan yang berarti antara kepuasan kerja dengan kinerja mengajar guru sebesar rX1Y = 0,379 > rtabel = 0,304 dan thitung = 2,586 > ttabel = 1,68, (2) terdapat hubungan yang berarti antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja mengajar guru sebesar rX2Y = 0,374 > rtabel = 0,304 dan thitung = 2,552 > ttabel = 1,68, dan (3) terdapat hubungan yang berarti antara kepuasan kerja dan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja mengajar guru sebesar Ry(1,2) = 0,554 > rtabel = 0,304 dan Fhitung = 8,638 > Ftabel = 3,23.Hasil penelitian diperoleh kepuasan kerja dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 30,70% terhadap kinerja mengajar guru, dan sisanya ditentukan keadaan/variabel lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 068 Hid h |
Keywords: | Kepuasan kerja; Kepala sekolah; Kinerja mengajar; Kepemimpinan; Guru |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 May 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4033 |