Susilawati, Evi (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Interaksi Sosial Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM 8174424004 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM 8174424004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8174424004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
4. NIM 8174424004 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM 8174424004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM 8174424004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
7. NIM 8174424004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
8. NIM 8174424004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
9. NIM 8174424004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 8174424004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (957kB) | Preview
14. NIM 8174424004 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh dari dua variabel bebas yaitu strategi pembelajaran dan interaksi sosial siswa terhadap variabel terikat yaitu hasil belajar PPKn siswa. Selain itu dalam penelitian ini juga akan diketahui ada tidaknya interaksi antara kedua variabel bebas tersebut yang mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang pada siswa kelas VII tahun ajaran 2015/2016. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling dan diperoleh kelas VII.3 dan VII.7 SMP Negeri 1 Labuhan Deli dengan jumlah 77siswa terpilih sebagai kelas yang menerapkan strategi pembelajaran pemodelan. Selanjutnya, kelas yang menerapkan strategi pembelajaran langsung adalah kelas VII.5 dan VII.10 dengan jumlah 77 siswa. Metode penelitian berbentuk eksperimen dengan rancangan penelitian faktorial 2 x 2. Variabel bebas X1 adalah strategi pembelajaran pemodelan dan X2 adalah strategi pembelajaran langsung dengan menyertai variabel interaksi sosial siswa. Sedangkan variabel terikatnya Y adalah hasil belajar PPKn. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis varians (Anava) two way pada taraf signifikansi 0.05. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh sebagai berikut: (1) Hasil Belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran pemodelan lebih tinggi dari siswa yang yang diajarkan dengan strategi pembelajaran langsung dengan Fhitung (9,79)> Ftabel (3,91); (2) Hasil Belajar PPKn siswa yang memiliki interaksi sosial tipe kompetitif lebih tinggi dari siswa yang memiliki interaksi sosial tipe koperatif dengan Fhitung (4,65) > Ftabel (3,94); (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan interaksi sosial siswa terhadap hasil belajar PPKn dengan Fhitung (9,09)> Ftabel(3,49). Dikarenakan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan interaksi sosial siswa dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn penelitianini dilanjutkan dengan uji lanjutan yang menggunakan uji Scheffe.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Sus p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Interaksi Sosial Siswa; Hasil Belajar PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 05:10 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 05:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40322 |