Thamrin (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJR PENGANTAR EKONOMI DENGAN MENGONTROL PENGETAHUAN AWAL. Doctoral thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 8174424027 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM 8174424027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3. NIM 8174424027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4. NIM 8174424027 ACKNOWLEDGMENT.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
5. NIM 8174424027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
6. NIM 8174424027 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7. NIM 8174424027 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. NIM 8174424027 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM 8174424027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM 8174424027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
15. NIM 8174424027 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar Pengantar Ekonomi mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung dengan mengontrol pengetahuan awal, (2). pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar Pengantar Ekonomi mahasiswa dengan mengontrol pengetahuan awal, (3). perbedaan hasil belajar Pengantar Ekonomi mahasiswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi yang
dibelajarkan dengan strategi PBM dan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung dengan mengontrol pengetahuan awal, (4) perbedaan hasil belajar Pengantar
Ekonomi mahasiswa dengan kecerdasan logis matematis rendah yang dibelajarkan dengan strategi PBM dan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung
dengan mengontrol pengetahuan awal. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah 90 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi yang sedang mengikuti perkuliahan Pengantar Ekonomi yang dipilih secara random. Teknik analisis data menggunakan ANCOVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa (1). hasil belajar Pengantar Ekonomi mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi PBM lebih tinggi dari mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung dengan mengontrol pengetahuan awal, (2). terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar Pengantar Ekonomi dengan mengontrol pengetahuan awal, (3). hasil belajar mahasiswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi dibelajarkan dengan strategi PBM lebih tinggi dari mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung dengan mengontrol pengetahuan awal, (4). hasil belajar mahasiswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung lebih tinggi dari mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi PBM denga mengontrol pengetahuan awal. Berdasarkan hasil
penelitian ini maka untuk meningkatkan hasil belajar Pengantar Ekonomi mahasiswa dilakukan dengan menerapkan strategi PBM dengan memperhatikan karakteristik mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Keywords: | Strategi PBM, Kecerdaan logis matematis, Strategi Pembelajaran langsung, Pengetahuan awal dan hasil belajar Pengantar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB135 Mathematical economics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:29 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40195 |