NAINGGOLAN, SAHALA RAJA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SERVICE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI KELAS X SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2143111051 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM 2143111051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. NIM. 2143111051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 2143111051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM 2143111051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM 2143111051 TABLES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM 2143111051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 2143111051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
12. NIM 2143111051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
13. NIM 2143111051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran service learning terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pantai Cermin tahun pembelajaran 2019/2020.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pantai Cermin tahun pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 200 siswa.
Sampel yang diambil adalah kelas X-IS 1 berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dan penelitian deskriptif dengan tipe tes awal - tes akhir kelompok tunggal (the one group pre-test-post-test). Nilai rata-rata pre-test siswa yaitu sebesar 67,1 berada pada kategori cukup jika dikaitkan dengan rentang nilai, sementara berdasarkan KKM yang ditentukan pihak sekolah yaitu 75, nilai rata-rata tersebut belum memenuhi KKM, sedangkan nilai rata-rata post test siswa yaitu sebesar 82,5 berada pada rentang nilai dengan kategori baik dan sudah memenuhi KKM yang ditentukan pihak sekolah. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung>Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-test adalah (0,1415< 0,161), hasil uji normalitas data post-test adalah (0,1556< 0,161). Hasil uji homogenitas kemampuan menulis puisi siswa adalah Fhitung < Ftabel yakni 2,04<4,17 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 10,06 > 1,67, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran services learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis
puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pantai Cermin tahun pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 IND 072 |
Keywords: | MENULIS, PUISI, SERVICE LEARNING |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PR English literature > PR500 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:28 |
Last Modified: | 24 Sep 2020 05:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40146 |