WARDAH, JANNATI (2020) INTERFRENSI GRAMATIKA BAHASA ACEH DALAM PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA RAGAM TULIS SISWA KELAS VII SMP DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN MENULIS TEKS NARASI. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 8156192011 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 8156192011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
3. NIM. 8156192011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM. 8156192011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 8156192011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 8156192011 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 8156192011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8156192011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
12. NIM. 8156192011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM. 8156192011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bentuk interferensi kata dasar dan kata turunan bahasa Aceh dalam teks narasi bahasa Indonesia, (2) Bentuk interferensi pola kalimat bahasa Aceh dalam teks narasi, (3) Pemanfaatannya
sebagai bahan bacaan dalam pembelajaran menulis teks narasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan siswa kelas VII-B yang berjumlah 65 orang. Data diambil dari teks narasi yang ditulis oleh siswa. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik wawancara, untuk mengetahui latar belakang siswa satu per satu dan untuk mengetahui bahasa apa yang digunakan guru untuk menyampaikan materi ataupun berkomunikasi dengan siswa di dalam kelas atau dalam kegiatan belajar mengajar.
Setelah mengetahui latar belakang siswa, dari 65 siswa SMP N 1 Indrapuri Kabupaten Aceh Besar, ada 34 tugas siswa yang terinterferensi bahasa Aceh.
Kemudian siswa ditugaskan untuk menuliskan sebuah teks narasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interferensi gramatikal dan pemanfaatannya sebagai bahan bacaan dalam pembelajaran menulis teks narasi. Adapun interferensi bentuk morfologi pada kata turunan (afiksasi) terdiri dari: awalan (prefiks) meu- 6 data, peu- 2 data, teu- 6 data, si- 5 data, dan keu- 1 data. Akhiran (sufiks) terdiri dari – an 2 data, -keuh 1 data, dan -kon 1 data. Awalan dan akhiran (konfiks) terdiri dari peu-an 2 data dan keu-an 2 data. Sedangkan untuk bentuk pengulangan
(reduplikasi) terdapat 2 data. Bentuk interferensi pada tataran sintaksis terdapat empat data pola kalimat, yaitu tiga data pola kalimat S-P dan satu data pola kalimat S-P-Ket. W- Ket. Tem. Untuk pemanfaatannya sebagai bahan bacaan dalam pembelajaran menulis teks narasi, penulis membuat bahan bacaan pendukung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Interfrensi, Gramatikal, Bahasa Aceh, Teks Narasi, Bahan Bacaan |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:28 |
Last Modified: | 24 Sep 2020 05:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40145 |