SAPUTRI, DIAH ARI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PANALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK ISTIQLAL DELITUA. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 8166172010 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. NIM. 8166172010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
3. NIM. 8166172010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
4. NIM. 8166172010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 8166172010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 8166172010 TABELS.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM. 8166172010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8166172010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 8166172010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
13. NIM. 8166172010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
14. NIM. 8166172010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menemukan media pembelajaran macromedia flash yang berkualitas yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa; 2) Menganalisis media pembelajaran yang dapat meningkatkan penalaran matematis siswa sehingga
siswa mudah memahaminya dalam proses pembelajaran; 3) Menganalisis media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian belajar pada proses pembelajaran; 4) Menganalisis perbedaan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan dengan tidak menggunakan media.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, menggunakan model pengembangan 4-D berpusat untuk mengembangkan media pembelajaran matematika pada materi barisan dan deret dan uji eksperimen menggunakan analisis statistik uji-t bertujuan untuk melihat perbedaan antara sampel yang diajar mengunakan media yang dikembangkan dengan menggunakan media lain.
Berdasarkan hasil validitas media pembelajaran menurut para ahli telah memenuhi kriteria valid dari semua indikator sebesar 0,81, hasil uji coba I praktikalitas oleh para ahli memenuhi kriteria cukup praktis 79,7% dan hasil efektivitas belum memenuhi kriteria ketuntasan maka dilanjutkan oleh uji coba II dengan hasil memenuhi kriteria praktis 85,2% dan hasil efektivitas telah memenuhi kriteria ketuntasan. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis discovery learning memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Uji keterlaksanaan dari penerapan media pembelajaran praktis dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa serta hasil analisis data angket kemandirian belajar siswa pada uji coba I dan uji coba II menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa meningkat lebih baik. Dari hasil analisis terdapat uji perbedaan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan dengan tanpa menggunakan media. Hasil penelitian direkomendasikan agar uji coba praktis dan efektif pada media pembelajaran yang dikembangkan lebih baik dilakukan pada sampel yang berbeda dan digunakan untuk seluruh siswa pada jenjang yang sama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN; MODEL 4-D; MODEL DISCOVERY LEARNING; PENALARAN MATEMATIS SISWA; KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:27 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 17:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40135 |