ANALISIS KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA BERDASARKAN PROSEDUR KLOSE

RAMADHANI, NURUL RIZKY (2020) ANALISIS KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA BERDASARKAN PROSEDUR KLOSE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 01 NIM 2133111055 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM 2133111055 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM 2133111055 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 NIM 2133111055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM 2133111055 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 NIM 2133111055 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 2133111055 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 NIM 2133111055 PREFACE.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM 2133111055 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
05 NIM 2133111055 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM 2133111055 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
06 NIM 2133111055 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM 2133111055 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
07 NIM 2133111055 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM 2133111055 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
08 NIM 2133111055 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 12 NIM 2133111055 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12 NIM 2133111055 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 2133111055 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13 NIM 2133111055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK NEGERI 2 MEDAN pada tahun pembelajaran 2017/2018. Khusus kelas XI, sekolah ini sudah menggunakan Kurikulum 2013 Edisi Revisi sebagai acuan atau dasar dalam menjalankan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterbacaan buku teks bahasa Indonesia kelas XI SMK Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2017/2018 berdasarkan Prosedur klose. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menentukan teks yang terdapat dalam soal buku teks siswa, lalu dipilih beberapa teks yang mewakili tingkat keterbacaan tinggi, sedang dan rendah, setelah itu melakukan delisi atau penghilangan beberapa kata sesuai dengan prosedur klose. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah wacana yang terdapat didalam buku teks siswa bahasa Indonesia kelas XI dan lembar jawaban siswa. Buku teks yang diteliti adalah buku teks Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI yang disusun oleh Suherli,dkk dan diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dalam buku teks tersebut hanya 6 wacana yang dipilih untuk dianalisis. Jadi, 3 wacana fiksi dan 3 wacana nonfiksi. Wacana tersebut dipilih secara acak dan akan diteskan kepada siswa kelas XI SMK NEGERI 2 MEDAN dengan prosedur klose. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan teknik membaca dan mencatat. Wacana yang terpilih menjadi sample dianalisis dengan dua cara yaitu: (1) analisis setiap wacana dan (2) analisis keseluruhan data wacana. Dari hasil analisis ditarik kesimpulan untuk menentukan posisi pembaca apakah di posisi tingkat baca independen/bebas, instruksional/sedang, atau frustasi/gagal. Hasil dari tingkat keterbacaan buku teks Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI yang disusun oleh Suherli,dkk secara keseluruhan dapat dipahami oleh siswa dan layak digunakan sebagai bahan ajar di SMK NEGERI 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 IND 074
Keywords: Prosedur Klose, Keterbacaan, Buku Teks
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 Aug 2020 17:27
Last Modified: 14 Sep 2020 17:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40134

Actions (login required)

View Item
View Item