RAMADHANI, NURUL RIZKY (2020) ANALISIS KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA BERDASARKAN PROSEDUR KLOSE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01 NIM 2133111055 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
02 NIM 2133111055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
03 NIM 2133111055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
04 NIM 2133111055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
05 NIM 2133111055 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
06 NIM 2133111055 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
07 NIM 2133111055 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
08 NIM 2133111055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
12 NIM 2133111055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
13 NIM 2133111055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMK NEGERI 2 MEDAN pada tahun pembelajaran 2017/2018. Khusus kelas XI, sekolah ini sudah menggunakan Kurikulum 2013 Edisi Revisi sebagai acuan atau dasar dalam menjalankan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterbacaan buku teks bahasa Indonesia kelas XI SMK Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2017/2018 berdasarkan Prosedur klose. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menentukan teks yang terdapat dalam soal buku teks siswa, lalu dipilih beberapa teks yang mewakili tingkat keterbacaan tinggi, sedang dan rendah, setelah itu melakukan delisi atau penghilangan beberapa kata sesuai dengan prosedur klose. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah wacana yang terdapat didalam buku teks siswa bahasa Indonesia kelas XI dan lembar jawaban siswa. Buku teks yang diteliti adalah buku teks Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI yang disusun oleh Suherli,dkk dan diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dalam buku teks tersebut hanya 6 wacana yang dipilih untuk dianalisis. Jadi, 3 wacana fiksi dan 3 wacana nonfiksi. Wacana tersebut dipilih secara acak dan akan diteskan kepada siswa kelas XI SMK NEGERI 2 MEDAN dengan prosedur klose. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan teknik membaca dan mencatat. Wacana yang terpilih menjadi sample dianalisis dengan dua cara yaitu: (1) analisis setiap wacana dan (2) analisis keseluruhan data wacana. Dari hasil analisis ditarik kesimpulan untuk menentukan posisi pembaca apakah di posisi tingkat baca independen/bebas, instruksional/sedang, atau frustasi/gagal. Hasil dari tingkat keterbacaan buku teks Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI yang disusun oleh Suherli,dkk secara keseluruhan dapat dipahami oleh siswa dan layak digunakan sebagai bahan ajar di SMK NEGERI 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 IND 074 |
Keywords: | Prosedur Klose, Keterbacaan, Buku Teks |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:27 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 17:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40134 |