PASARIBU, CELINE DEVINIA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X BIDANG KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5153111013 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM. 5153111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. NIM. 5153111013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
4. NIM. 5153111013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
5. NIM. 5153111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6. NIM. 5153111013 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 5153111013 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 5153111013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
9. NIM. 5153111013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
13. NIM. 5153111013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
14. NIM. 5153111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Gambar Teknik melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan , pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas X bidang keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan yang terdiri dari 30 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil pengamatan. Indikator keberhasilan adalah aktivitas belajar dan hasil belajar siswa mampu mencapai 100% siswa memperoleh nilai tuntas minimal KKM yaitu 75. Pada uji coba tes hasil belajar siklus I, dari 30 soal diperoleh 20 soal yang valid, dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 16 soal yang mudah dan 4 soal yang sedang. Uji daya beda 7 soal kategori cukup, 11 soal kategori baik dan 2 soal kategori baik sekali. Uji reliabilitas tes didapat 0,92 (sangat tinggi). Sedangkan pada siklus II, dari 30 soal diperoleh 18 soal yang valid, dan uji tingkat kesukaran didapat 15 soal yang mudah dan 3 soal yang sedang. Uji daya 7 soal kategori cukup 10 soal kategori baik, dan 1 soal kategori baik sekali. Uji realibilitas tes didapat 0,91 (sangat tinggi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 16,40 sedangkan pada siklus II rata-rata skor aktivitas siswa adalah 20,00, terjadi peningkatan sebesar 18%. Perhitungan uji t didapat thitung > ttabel yaitu (9,00 > 1,67). Artinya peningkatan aktivitas belajar terjadi secara signifikan. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 78,66 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,88 terjadi peningkatan sebesar 11,49%. Perhitungan uji t didapat thitung > ttabel yaitu (4,66 > 1,67). Artinya peningkatan aktivitas belajar terjadi secara signifikan. Simpulan yang dapat diambil adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X DPIB mata pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BAN 027 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together;Aktivitas Belajar;Hasil Belajar;Model Pembelajaran |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:27 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 10:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40132 |