Nurhidayah, Rika Endah (2020) PENGARUH KEFEKTIFAN TIM, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PRESEPTOR PADA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI NERS DI SUMATERA UTARA. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126113009 COVER.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
2. NIM. 8126113009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
3. NIM. 8126113009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
4. NIM. 8126113009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 8126113009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. NIM. 8126113009 TABLES.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
7. NIM. 8126113009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM. 8126113009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM. 8126113009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (997kB) | Preview
13. NIM. 8126113009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
14. NIM. 8126113009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
Abstract
Program pendidikan profesi keperawatan di Indonesia terdiri dari dua yaitu tahap akademik mendapat gelar sarjana keperawatan (S.Kep) dan tahap profesi atau tahap pembelajaran klinik mendapat gelar Ners (Ns). Pengajar pada tahap pendidikan profesi disebut preseptor. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model kinerja preseptor pada program pendidikan Profesi Ners di Sumatera Utara. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling sebanyak 168 preseptor dengan rumus Slovin dari 289 preseptor yang berasal dari institusi pendidikan dan institusi pelayanan yang berada di Sumatera Utara. Model kinerja preseptor pendidikan profesi Ners di Sumatera Utara dibangun dari variabel eksogen yaitu keefektifan tim, komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional dan kepuasan kerja serta variabel endogen kinerja preseptor. Instrumen dikembangkan berdasarkan teori dan telah dilakukan uji validitas serta uji reliabilitas sebelum instrumen digunakan. Berdasarkan hasil analisis terhadap 7 hipotesis yang diajukan, 2 hipotesis ditolak karena memberikan pengaruh langsung relatif yang sangat kecil atau tidak signifikan yaitu (1) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kepuasan kerja 42 = 0,033 dan (2) pengaruh keefektifan tim terhadap kinerja 51 = 0,036. Hipotesis yang diterima adalah (1) pengaruh keefektifan tim terhadap kepuasan kerja 41 = 0,290; (2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja 43 = 0,198; (3) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja 52 = 0,211; (4) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja 53 = 0,262 dan (5) pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja 54 = 0,345. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk pengembangan teori manajemen khususnya pendidikan profesi dan menjadi masukan untuk bagian pendidikan dan pelatihan rumah sakit pendidikan dan pengelola program pendidikan profesi Ners di sumatera utara dalam memperbaiki kinerja preseptor. Agar kinerja meningkat terlebih dahulu harus meningkatkan kepuasan kerja preseptor. Selain itu disarankan untuk dilakukan pelatihan atau penyegaran yang berhubungan keefektifan tim dan komunikasi interpersonal bagi preseptor.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 658.3 Nur p |
Keywords: | tim; komunikasi; emosi; kepuasan; kinerja dan preseptor |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5549 Personnel management. Employment management L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:22 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 09:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40028 |