Naibaho, Romasi (2019) ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA PADA UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 NAMO RAMBE TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151141050 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. NIM 4151141050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
3. NIM 4151141050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4. NIM 4151141050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5. NIM 4151141050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM 4151141050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
13. NIM 4151141050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
14. NIM 4151141050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal ujian akhir semester genap kelas XI IPA T.P 2018/2019 berdasarkan analisis kualitatif (meliputi validitas isi dan konstruksi), taksonomi bloom, serta analisis kuantitatif (meliputi tingkat kesukaran, daya pembeda, reliabilitas, validitas, dan efektivitas pengecoh). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 93 orang. Objek penelitian adalah soal Ujian Akhir Semester (UAS), kunci jawaban, dan jawaban peserta tes. Data diperoleh dengan metode dokumentasi dan kemudian dianalisis dengan menggunakan Microsoft Excel dan program Anates versi 4,0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) analisis kualitatif, diperoleh 37% soal termasuk kategori sangat baik, 43% baik, 13% cukup, 7% kurang baik dan validitas konstruksi diperoleh 100% soal termasuk kategori sangat baik, (2) taksonomi bloom, belum memenuhi proporsi soal yang seimbang yakni dengan formulasi C1 13,3%, C2 36,7%, C3 20%, C4 23,3%, C5 6,7%, C6 0%, (3) analisis kuantitatif, berdasarkan tingkat kesukaran untuk kategori mudah 43%, sedang 40% dan sukar 17%. Berdasarkan daya pembeda untuk kategori jelek 13,3%, cukup 50 %, baik 33,3%, dan tidak baik 3,4%. Berdasarkan reliabilitas, termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai 0,67. Berdasarkan validitas, soal yang valid sebesar 87%, dan tidak valid 13%. Analisis efektivitas pengecoh, dengan kategori sangat baik sebesar 10%, baik 23%, cukup 27%, kurang baik 23%, dan tidak baik 17%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 197 |
Keywords: | Analisis butir soal; Pelajaran biologi; Evaluasi; Ujian sekolah; Teknik penulisan soal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 03:21 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39989 |