Florenzo, Migel (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF DI KELAS XI IPA SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143141039 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4143141039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3. NIM. 4143141039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 4143141039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM. 4143141039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
9. NIM. 4143141039 BAB I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
13. NIM. 4143141039 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
14. NIM. 4143141039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa pada materi sistem saraf manusia dari aspek kognitif dan aspek indikator pembelajaran dan mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi sistem saraf manusia di kelas XI IPA SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun pembelajaran 2018/2019.Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Parulian 1 Medan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak 66 siswa. Istrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda dan angket. Data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase tingkat kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif soal pengetahuan (C1) sebesar 59.1% termasuk dalam kategori kesulitan Tinggi, Pemahaman (C2) sebesar 64.65% termasuk dalam kategori kesulitan Tinggi, Aplikasi (C3) sebesar 65.91% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi, Analisis (C4) sebesar 69.92% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi, Evaluasi (C5) sebesar 64.85% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi dan Kreasi (C6) sebesar 70.71% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi. (2) Persentase kesulitan belajar setiap indikator soal pada materi sistem saraf manusia meliputi: indikator mengidentifikasi struktur dan fungsi neuron 69,39% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi, Mengaitkan struktur fungsi, dan proses padasistem saraf manusia sebesar 60,06% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi, Mengaitkan struktur fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia sebesar 68,86% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi, Menyimpulkan gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia sebesar 71,2% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi. (3) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa yaitu materi sistem saraf manusia metode mengajar guru dan sarana pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 163 |
Keywords: | Aspek kognitif; Indikator pembelajaran; Kesulitan belajar; Sistem saraf |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 02:08 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39969 |