Diana, Madeleine (2019) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XII MIPA SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153141030 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4153141030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
3. NIM 4153141030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM 4153141030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM 4153141030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4153141030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (101kB)
13. NIM 4153141030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM 4153141030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebaran ranah kognitif Taksonomi Bloom edisi revisi Anderson, sebaran kompetensi dasar dan indikator, serta kualitas soal ditinjau dari kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini adalah kisi-kisi soal, lembar jawaban siswa sejumlah 262 lembar, dan kunci jawaban. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi. Data kemudian dianalisis sesuai dengan kata kerja operasional ranah kognitif Taksonomi Bloom edisi revisi Anderson serta dikelompokkan sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator pada silabus. Analisis kualitatif dengan teknik expert judgement yang bertujuan untuk mengetahui validitas isi soal. Analisis kuantitatif dilakukan dengan bantuan komputer menggunakan program Anates untuk mengetahui validitas soal reliabilitas soal, tingkat kesukaran, daya beda, dan keefektifan pengecoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebaran ranah kognitif Taksonomi Bloom edisi revisi Anderson pada soal belum merata, soal didominasi oleh ranah kognitif level C3 (menerapkan), 2) Persebaran Kompetensi Dasar dan Indikator pada soal belum tersebar merata; 3) Karakteristik soal secara kualitatif (validitas isi soal) tergolong sangat baik pada soal pilihan ganda karena dari hasil telaah menunjukkan kesesuaian telaah soal sebesar 92,60% dan soal essay tergolong baik karena menunjukkan kesesuaian sebesar 88,44% (esai); 4) Karakteristik soal secara kuantitatif menunjukkan bahwa : ditinjau dari validitas, soal yang valid pada pilihan ganda sebesar 80% dan esai mencapai 100%, ditinjau dari reliabilitas seluruh soal sudah reliabel dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar r11 = 0,72 (pilihan ganda) dan 0,79 (esai); ditinjau dari tingkat kesukaran, 11 soal (55%) butir soal pilihan ganda tergolong sedang, sedangkan esai tergolong mudah 100%; ditinjau dari segi Daya Pembeda, 10 butir (50%) butir soal pilihan ganda tergolong baik sedangkan soal esai ada 2 butir (40%) tergolong baik ; ditinjau dari segi Efektivitas Pengecoh menunjukkan 4 butir soal (20%) memiliki pengecoh sangat baik, 4 butir soal (20%), memiliki pengecoh baik, 8 butir soal (40%) memiliki pengecoh cukup baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 148 |
Keywords: | Analisis butir soal; Ujian akhir semester genap; Pilihan ganda; Esai; Evaluasi hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Jul 2020 08:39 |
Last Modified: | 22 Jul 2020 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39967 |