Sihombing, Jonatan Hasudungan (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153341022. COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4153341022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
3. NIM. 4153341022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4. NIM. 4153341022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 4153341022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
9. NIM. 4153341022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
13. NIM. 4153341022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM. 4153341022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing yang layak sebagai media pembelajaran peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Tahap-tahap dalam penelitian ini adalah 1) Define; 2) Design; 3) Develop; 4) Disseminate.
Pengambilan data validasi menggunakan instrumen berupa kuesioner kepada ahli materi dan ahli media. Uji coba produk dilakukan oleh guru dan siswa di SMA Parulian 2 Medan Kelas XI MIA I dengan responden 30 siswa. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penilaian oleh ahli materi menunjukkan rata-rata 4,37 kriteria sangat baik, dan ahli media 4,12 kriteria baik. Hasil tanggapan guru biologi mendapat hasil 4,94 kriteria sangat baik. Hasil tanggapan peserta didik pada uji kelompok kecil mendapat hasil 4,06 kriteria baik. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem ekskresi dapat dijadikan sebagai media pembelajaran peserta didik. Selain itu 86% siswa telah mencapai batas nilai KKM yang ditetapkan yaitu untuk ketuntasan individu ≥75. Produk yang telah dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran biologi di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 126 |
Keywords: | Lembar kerja peserta didik; Inkuiri terbimbing; Sistem ekskresi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Jul 2020 02:35 |
Last Modified: | 22 Jul 2020 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39955 |