DANNOVIE, FARHAN (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN GARDU INDUK DI KELAS XI TJTL SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5153131013 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 5153131013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (967kB) | Preview
3. NIM 5153131013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM 5153131013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM 5153131013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
6. NIM 5153131013 TABLES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM 5153131013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM 5153131013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
9. NIM 5153131013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
13. NIM 5153131013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
14. NIM 5153131013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
Abstract
Pada saat ini, penggunaan media pembelajaran sangat berperan penting untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Namun kenyataannya hingga sampai saat ini, guru kurang memanfaatkan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini terlihat daricara mengajarnya yang masih berpusat pada guru. Guru hanya menggunakan media seadanya karna media seperti LCD Projector masih sangat terbatas jumlahnya yang disediakan oleh sekolah. Siswa sudah banyak menggunakan smartphone namun hanya sedikit yang menggunakan smartphone untuk belajar. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti mencoba mengembangkan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, jalan Galang, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang pada bulan Februari hingga Maret 2020. Variabel penelitian ini adalah Perangkat Pembelajaran dengan menggunakan Google Classroom. Sampel penelitian ini terdiri dari 36 siswa yang ada di kelas XI TJTL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development atau yang lebih dikenal R&D. sedangkan model pengembangannya menggunakan model ADDIE.
Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, skor yang didapat untuk penilaian RPP adalah sebesar 4,71 dengan kategori sangat layak, penilaian materi sebesar 4,7 dengan kategori sangat layak, penilaian lembar kegiatan sebesar 4,61 dengan kategori sangat layak dan penilaian media sebesar 4,58 dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba pada siswa juga mencapai indikator Sangat Positif dengan mendapatkan nilai 3,60. Dengan dimikian pengembangan perangkat pembelajaran ini sangat baik dilakukan dengan melihat nilai dari para responden dan juga tanggapan positif yang mendukung untuk perangkat pembelajaran ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 ELK 036 |
Keywords: | penelitian dan pengembangan, pengembangan perangkat pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran model ADDIE, Google Classroom |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 16:38 |
Last Modified: | 14 Aug 2020 22:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39931 |