Ginting, Alpenti (2019) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 21 MEDAN T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4153321002 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4153321002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
3. NIM 4153321002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 4153321002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM 4153321002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 4153321002 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 4153321002 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4153321002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 4153321002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
13. NIM 4153321002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM 4153321002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul fisika SMA pada materi pokok suhu dan kalor yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan modul yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 21 Medan yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4D Models. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli pembelajaran, angket penilaian guru bidang studi fisika, dan angket respon peserta didik terhadap modul fisika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh validasi ahli materi sebesar 94,50 %, ahli pembelajaran 87,50 %, penilaian guru fisika sebesar 98% dengan masing-masing presentese tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Respon peserta didik pada uji coba terbatas dengan sampel 6 orang sebesar 85.26 % termasuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan pada uji coba luas persentase respon peserta didik dengan sampel 30 orang sebesar 86,25 % dengan kriteria sangat baik, sehingga berdasarkan hasil validasi, penilaian guru fisika dan respon peserta didik dapat disimpulkan modul fisika SMA pada materi pokok suhu dan kalor layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 054 |
Keywords: | pengembangan, modul |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 16:38 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 22:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39930 |