Hutasuhut, Nurul Kusuma Wardani (2020) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi dengan Teknik Teratai untuk Siswa Kelas X MAS Tahfizhil Qur’an Medan, 2020. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156192043 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM 8156192043 APPROPAL SHEET.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
3. NIM 8156192043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM 8156192043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM 8156192043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM 8156192043 TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM 8156192043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM 8156192043 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 8156192043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
10. NIM 8156192043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
14. NIM 8156192043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
15. NIM 8156192043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Judul tesis ini adalah pengembangan bahan ajar menulis puisi dengan teknik teratai untuk siswa kelas X MAS Tahfizhil Qur’an Medan merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan, kelayakan, dan efektivitas bahan ajar tersebut. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model 4D oleh Thiagarajan yang memiliki 4 tahapan, yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develov (pengembangan), dan (4) disseminate penyebarluasan. Berdasarkan hasil kelayakan bahan ajar yang telah dilakukan oleh validator ahli materi dan ahli desain serta uji coba lapangan diperoleh nilai rata-rata untuk materi 85,70% (sangat baik) dan desain 91% (sangat baik) dengan total rata-rata keseluruhan validasi 88,35% (sangat baik). Selanjutnya, uji coba lapangan diperoleh hasil yaitu (1) uji coba perorangan 89,44%, (2) uji coba kelompok kecil 86,85%, dan (3) uji coba kelompok terbatas 93,88%. Efektivitas penggunaan bahan ajar menulis puisi dengan teknik teratai untuk siswa kelas X terdapat pada kegiatan pretest-posttest dan uji gain. Perolehan rata-rata hasil pretest-posttest menulis teks eksposisi adalah 68,70 dan 83,55. Selanjutnya, perolehan hasil uji gain yaitu 3,33% kategori tinggi, 93,34% kategori sedang, dan 3,33% kategori rendah. Berdasarkan hasil perolehan data penelitian dapat disimpulkan pengembangan bahan ajar menulis puisi dengan pendekatan teknik teratai untuk siswa kelas X MAS Tahfizhil Qur’an Medan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 811.072 38 Hut p |
Keywords: | Bahan ajar; hand out; puisi, teknik terata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 03:53 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39849 |