Benget, Marbun (2011) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP MATEMATIKA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Masters thesis, UNIMED.
1. 061188230049 Judul.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. 061188230049 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
3. 061188230049 Abstrak.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. 061188230049 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
5. 061188230049 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. 061188230049 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. 061188230049 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. 061188230049 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9. 061188230049 Bab I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
10. 061188230049 Bab V.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
11. 061188230049 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap matematika dan kebiasaan belajar dijaring dengan angket, sedangkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dijaring melalui tes objektif. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah : (1). Terdapat hubungan persepsi siswa terhadap matematika dengan hasil belajar matematika, (2). Terdapat hubungan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika, (3). Terdapat hubungan persepsi siswa terhadap matematika dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan jenis penelitian korelasional untuk melihat hubungan antar variabel penelitian. Teknik analisis data adalah analisis regresi dan korelasi multiple dengan uji persyaratan normalitas dan linieritas regresi. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Methodist se kota Medan pada siswa kelas VIII semester II T.P. 2010/2011. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Methodist se kota Medan, dengan sampel berjumlah 139 orang yang diambil secara stratified proportional random sampling. Ketiga hipotesis dalam penelitian ini teruji pada hipotesis pertama koefisien korelasi ry1 = 0,65 pada taraf signifikan α = 0,05 dan koefisien determinasi r2y1 = 0,42, hal ini menunjukkan bahwa 65% variasi hasil belajar matematika ditentukan oleh persepsi siswa terhadap matematika, melalui persamaan regresi Ŷ = -15,29 + 0,53 x1. Hipotesis kedua koefisien korelasi ry12 = 0,41 pada taraf signifikan α = 0,05 dan koefisien determinasi r2y2 = 0,17. Hal ini menunjukkan bahwa 41% variasi hasil belajar matematika ditentukan oleh kebiasaan belajar, melalui persamaan regresi Ŷ = -9,70 + 0,26 x2 . Pada hipotesis ketiga ry12 = 0,36 pada taraf signifikan α = 0,05 dan nilai koefisien determinasi r2y12 = 0,13 yang berarti hasil belajar matematika sebesar 13% ditentukan oleh variabel persepsi siswa terhadap matematika dan kebiasaan belajar dengan persamaan regresi multiple Ŷ = 3,88 + 0,47 x1 + 0,13 x2. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat dikemukakan bahwa persepsi siswa terhadap matematika dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika dari siswa SMP Swasta Methodist se kota Medan, berada pada kategori baik, dengan kesimpulan terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap matematika dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika secara sendiri maupun bersama-sama. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan suatu masukan yang bermanfaat baik bagi guru maupun siswa SMP Methodist se kota Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Mar p |
Keywords: | Persepsi siswa; Kebiasaan belajar; Hasil belajar; Pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 10:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3982 |