Khairani, Sahfitri (2019) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HORMON DI SMA NEGERI 13 MEDAN DAN SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151141051 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4151141051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM. 4151141051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM. 4151141051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 4151141051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
9. NIM. 4151141051 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
13. NIM. 4151141051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4151141051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi pendekatan saintifik pada materi Hormon; (2) mengetahui tahapan belajar yang memiliki kendala dalam implementasi pendekatan saintifik; (3) mengetahui tingkat perbandingan implementasi pendekatan saintifik di sekolah SMA Negeri 13 Medan dan SMA Negeri 1 Pantai Cermin. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan angket siswa, dan tambahan berupa wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan pendekatan saintifik pada materi Hormon di SMA Negeri 13 Medan secara keseluruhan sebesar sebesar 65,2% dengan kategori Kurang. Tahapan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan sebesar 49,0%, 66,1%, 68,7%, 66,7%, 64,1%. Hasil penerapan pendekatan saintifik di SMA Negeri 1 Pantai Cermin pada materi Hormon sebesar 77,6% terlaksana dalam kategori cukup. Tahapan belajar pendekatan saintifik mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan sebesar 72,3%, 76,4%, 69%, 62,0%, 67,5%. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya perbandingan yang signifikan dalam penerapan pendekatan saintifik pada materi Hormon di SMA Negeri 13 Medan dan SMA Negeri 1 Pantai Cermin. Kedua sekolah ini masih berada dalam kategori kurang dalam penerapan pendekatan saintifik pada Materi Hormon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 201 |
Keywords: | Pendekatan saintifik; Hormon; Sistem endokrin; Kelenjar; Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 08:38 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39747 |