Syarifah, Ravika (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151121056 COVER.pdf - Published Version
Download (198kB)
2. NIM 4151121056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
3. NIM 4151121056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4.. NIM 4151121056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
5. NIM 4151121056 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. NIM 4151121056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
13. NIM 4151121056 CHAPTHER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM 4151121056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Momentum dan Impuls di SMA Negeri 14 Medan T.P.2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian two group pretest- postest desaign. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling yang terdiri atas dua kelas dengan jumlah sampel seluruhnya 66 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes esai berjumlah 9 item yang telah divalidkan dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Analisa dapat dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas dan t.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan nilai rata-rata postes 76.79 dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata postes 67.73. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih baik digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 206 |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Momentum; Impuls; Aktivitas belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 07:15 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39743 |