PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2018/2019

Syarifah, Ravika (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4151121056 COVER.pdf] Text
1. NIM 4151121056 COVER.pdf - Published Version

Download (198kB)
[thumbnail of 2. NIM 4151121056 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4151121056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 3.  NIM 4151121056 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4151121056 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 4.. NIM 4151121056 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.. NIM 4151121056 PREFACE.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4151121056 TABLES OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4151121056 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4151121056 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4151121056 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4151121056 CHAPTHER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4151121056 CHAPTHER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4151121056 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4151121056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Momentum dan Impuls di SMA Negeri 14 Medan T.P.2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian two group pretest- postest desaign. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling yang terdiri atas dua kelas dengan jumlah sampel seluruhnya 66 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes esai berjumlah 9 item yang telah divalidkan dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Analisa dapat dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas dan t.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan nilai rata-rata postes 76.79 dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata postes 67.73. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih baik digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 206
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Momentum; Impuls; Aktivitas belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Jul 2020 07:15
Last Modified: 06 Jul 2020 07:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39743

Actions (login required)

View Item
View Item