Simanjuntak, Muhammad Rizal Arif (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.5143311008.COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM.5143311008. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (717kB) | Preview
3.NIM.5143311008.ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4.NIM.5143311008.PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5.NIM.5143311008.TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6.NIM.5143311008.TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7.NIM.5143311008.ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14.NIM .5143311008.BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8.NIM.5143311008.APPENDICTS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9.NIM.5143311008.CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
13.NIM.5143311008.CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Gambar Teknik. Penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan,
dan refleksi. Subyek penelitin ini adalah siswa kelas X Program DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan yaitu
tes pilihan berganda dan lembar penilaian keterampilan. Dari hasil penelitian pada siklus I bahwa hasil belajar siswa untuk nilai pengetahuan dan keterampilan rata-rata
82,08 pada kategori baik ,dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 76,67% (23 orang). Sedangkan hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 84,28 dan persentase ketuntasan hasil belajar pengetahuan siswa 100% (30 orang). Hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa pada siklus I dan II masing-masing mengalami peningkatan sebesar 23,33%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajuan hipotesis penelitian diterima, hal ini ditandai dengan penerapan model pembelajararan Student Facilitator and Explaining (SFE) pada mata pelajaran Gambar Teknik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2019 BAN 043 |
Keywords: | Hasil Belajar; Gambar Teknik; Student Facilitator and Explaining |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 05:12 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39714 |