Sari, Sri Adelila (2019) Integrasi Kurikulum Kebencanaan dan Perangkat Pembelajaran dalam Meningkatkan Kompetensi Kesiapsiagaan. TALENTA Conference Series, 2 (2). pp. 361-369. ISSN 2654-7066
Text.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Similaritas.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Reviewers.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
Abstract
Salah satu cara mengantisipasi agar masyarakat selalu berada dalam kesiapsiagaan adalah melalui pendidikan dan pelatihan yang sifatnya komprehensif dengan melibatkan masyarakat, keluarga, dan sekolah. Tujuan khususnya adalah untuk mengintegrasikan kurikulum kebencanaan dan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi kesiapsiagaan. Penelitian telah dilakukan selama 4 (empat) tahun sejak 2013 hingga 2016 di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, dan Pendidikan Tinggi di Aceh. Metode
yang digunakan adalah Research & Development, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), serta pelatihan dan simulasi. Hasil
penelitian ini menemukan bahwa pendekatan konsep pengembangan model pembelajaran kebencanaan yang inovatif sangat membantu dalam membentuk, menumbuhkan, dan meningkatkan kesiapsiagaan peserta didik secara holistik. Penerapan integrasi kurikulum kebencanaan, bahan ajar, media belajar dua dan tiga dimensi, serta yang berbasis e-learning menunjukkan dampak yang signifikan terhadap kompetensi kesiapsiagaan peserta didik. Selain itu, kegiatan pelatihan dan simulasi berbasis kompetensi
juga efektif terhadap peningkatan pengetahuan kebencanaan, sikap, dan kesiapsiagaan komunitas di lembaga pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi kurikulum pendidikan kebencanaan & perangkat pembelajaran kebencanaan, dapat meningkatkan kompetensi kesiapsiagaan. Kegiatan perencanaan dan perancangan kurikulum pendidikan kebencanaan, serta penerapannya dalam peningkatan kompetensi kesiapsiagaan melalui pendidikan dan pelatihan/simulasi dapat dilakukan secara
komperehensif.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Integrasi kurikulum kebencanaan; perangkat pembelajaran; dan kompetensi kesiapsiagaan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography > GB5000 Natural disasters L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 07:10 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 07:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39698 |