PENGEMBANGAN HANDOUT MATERI SISTEM KOLOID BERBASIS GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS XI SMA

Sari, Sri Adelila (2020) PENGEMBANGAN HANDOUT MATERI SISTEM KOLOID BERBASIS GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS XI SMA. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 4 (1). pp. 41-59. ISSN 2620-553X

[thumbnail of Text.pdf]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Similaritas.pdf]
Preview
Text
Similaritas.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Reviewers.pdf]
Preview
Text
Reviewers.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah ketidakaktifan siswa dalam membuat catatan pembelajaran secara mandiri. Hal ini juga disebabkan kurangnya minat belajar siswa terhadap materi-materi yang bersifat konsep dan abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout berbasis guided note taking (HGNT) pada materi sistem koloid. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D yaitu: (i) define, (ii) design, (iii) development, dan (iv) disseminate. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menilai kelayakan HGNT yang telah dikembangkan adalah lembar validasi, sedangkan pada tahap diseminasi, diukur hasil belajar dan respon siswa menggunakan tes objektif dan angket. Penelitian dilakukan di SMA Swasta Budisatrya Medan di kelas XI IPA 1. Validasi media dan respon siswa dianaliasis menggunakan rumus persentase, sedangkan hasil belajar menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa HGNT yang telah dikembangkan memperoleh kriteria sangat layak. Sedangkan hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dengan kategori sedang & tinggi. Selain itu, respon siswa terhadap HGNT menunjukkan kategori sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa HGNT yagn telah dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran kimia pada materi sistem

Item Type: Article
Keywords: HGNT; sistem koloid; hasil belajar; dan respon siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 30 Jun 2020 06:49
Last Modified: 30 Jun 2020 06:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39694

Actions (login required)

View Item
View Item