Sari, Sri Adelila (2016) Efektivitas Media Simulasi Komputer Berbasis Microsoft Excel Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4 (1). pp. 235-244. ISSN 2615-840X
Text.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
Similaritas.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Reviewers.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
Abstract
Pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran menjadikanpembelajaranlebih efektif dan efesien.Namun pada kenyataannya, pembelajaran kimia yang dilakukan selama ini belum mampu memanfaatkan computersebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan simulasi komputer berbasis Microsoft Excel terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga dan mengetahui tanggapan siswa terhadap media pembelajaran simulasi komputer berbasis Microsoft Excel. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental
Designdengan metode Pretest-Postest One Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Simulasi komputer berbasis Microsoft Excel efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga. Pemahaman konsep siswa meningkat dengan nilai N-gain sebesar 89,17pada kategori peningkatan tinggidan kemampuan
berpikir kritis siswa meningkat dengan nilai N-gain sebesar 42,83 pada kategori peningkatan sedang. Tanggapan siswa terhadap media pembelajaran simulasi komputer berbasis Microsoft Excel pada materi larutan penyangga adalah 76,60% pada kategori sangat setuju.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | media pembelajaran; larutan penyangga; pemahaman; berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 06:01 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 06:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39683 |