Panggabean, Samuel Febryan (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF STUDENT CREATED CASE STUDIES TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5151111048 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 5151111048 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (773kB) | Preview
3. NIM. 5151111048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 5151111048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
5. NIM. 5151111048 TABLES OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 5151111048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM. 5151111048 TABLES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM. 5151111048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (721kB) | Preview
13. NIM. 5151111048 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
12. NIM. 5151111048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Aktif Student Created Case Studies terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar-dasar kontruksi bangunan pada siswa kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 2 Binjai. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggambil 2 kelas yaitu kelas X DPIB 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model Aktif Student Created Case Studies sedangkan pada kelas kontrol
dilakukan pembelajaran dengan model Konvensional yang kemudian akan diberikan post-testpada masing-masing kelas. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terhadap data post-test masing-masing kelas diperoleh rata-rata skor eksperimen 24,8 dan kelas kontrol memiliki rata�rata skor 23,2. Rata-rata hasil post-test untuk kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan
sudah memenuhi kriteria kegtuntasan minimum (KKM) > 75. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t karena hasil analisis yang diperoleh penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat nonparametric , berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa thitung > ttabel 3,61204 > 1,679 maka thitung > ttabel (3,61204 > 1,679) pada taraf signifikan 5 %, berdasarkan analisis yang dilakukan peneliti ini Maka tegas dapat disimpulkan bahwab Ha diterima yaitu : hasil belajar dasar-dasar kontruksi bangunan menggunakan model pembelajaran aktif student created case studies lebih tenggi dari hasil belajar dengan menggunakan model
pembelajaran Konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 057 |
Keywords: | Model Pembelajaran Aktif Student Created Case Studies; Konvensional; Hasil belajar Dasar-Dasar Kontruksi Bangunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 05:48 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 05:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39594 |