Sinurat, Sopian Fernando (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN KOMPONEN MESIN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PRAYATNA 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153322011 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 5153322011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3. NIM 5153322011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 5153322011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 5153322011 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM 5153322011 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 5153322011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. NIM. 5153322011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 5153322011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
13. NIM. 5153322011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
14. NIM. 5153322011 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning menggunakan komponen mesin sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Prayatna 2 Medan 2019/2020.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Alur penelitian terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK Prayatna 2 Medan yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan lembar observasi siswa, wawancara dengan guru mata pelajaran PDTO, dokumentasi dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada akhir siklus I dengan nilai rata-rata kumulatif kelas 76,25 dengan persentase kelulusan 65,63% masuk dalam kategori Cukup Kompeten meningkat pada akhir siklus II dengan Nilai kumulatif kelas 80,34 dengan persentase
kelulusan 81,25% masuk dalam kategori Kompeten, 2) Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata kumulatif kelas 69,92 dengan persentase keaktifan 56,35% masuk dalam kategori penilaian Tidak Aktif
meningkat pada akhir siklus II dengan nilai rata-rata kumulatif kelas 81,25 dengan persentase keaktifan akhir 93,75% masuk dalam kategori Aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem based
learning menggunakan komponen mesin sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Prayatna 2 Medan 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 OTM 036 |
Keywords: | Problem based learning (PBL); Hasil belajar, Keaktifan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 05:05 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39592 |