Togatorop, Kiki Hastari (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 21 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151121034 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4151121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
3. NIM. 4151121034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM. 4151121034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM.4151121034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
9. NIM. 4151121034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
13. NIM. 4151121034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 4151121034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada Materi Pokok Momentum dan Impuls di Kelas X Semester II SMA N 21 Medan T.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X Semester II SMA N 21 Medan yang berjumlah 4 kelas terdiri dari 130 orang. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X – 1 dengan pembelajaran model Problem Based Learning dan kelas X – 4 dengan pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk essai sebanyak 6 soal yang telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajar.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 30,36 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 28,58. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 79,07 dan kelas kontrol 61,20. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung = 9,5 dan ttabel = 1,68 untuk = 0,05 sehingga thitung > ttabel (9,5 >1,68) maka Ho ditolak, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah siswa pada materi pokok Momentum dan Impuls di SMA 21 Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 125 |
Keywords: | Problem based learning; Model pembelajaran; Momentum; Impuls; Tumbukan; Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 03:59 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39586 |