PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MEMPELAJARI TEORI DASAR MUSIK SISWA KELAS X DI SMA DARMAWANGSA MEDAN

Tobing, Octa Viana (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MEMPELAJARI TEORI DASAR MUSIK SISWA KELAS X DI SMA DARMAWANGSA MEDAN. Prosiding Seminar Nasional Jurusan Sendratasik 2018. pp. 275-291. ISSN 978-623-90402-3-9

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
Official URL: fbsunimedpress@gmail.com

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe ST AD dalam mempelajari teori dasar musik siswa kelas X -A Di SMA Darmawangsa Medan. Adapun masalah yang akan dibahas adalah : Bagaimana penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam mempelajari teori dasar musik siswa kelas X-A dan bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatiftipe STAD. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, observasi, wawancara, tes berupa pre test dan post test serta penganalisaan hasil belajar. Setelah dilakukan analisis, ditemukan hasil bahwa dalam penerapan metode pembelajaran kooperatif STAD pada pembelajaran teori dasar musik dikelas X SMA Darmawangsa menunjukkan
hasil yang positif dan menunjukan adanya peningkatan kemampuan siswa hal ini dilakukan atas beberapa tahap, yaitu melalui siklus I dan siklus II. Pada uji coba
melakukan pre test nilai rata-rata kelas berjumlah 52,3. Nilai rata-rata kelas yang telah didapatkan sangat rendah sekali. Kemudian dilakukan percobaan dengan siklus I (post test I) maka nilai rata-rata kelas meningkat yaitu 66,33 tetapi dinyatakan belum tuntas. Selanjutnya dilakukan dengan siklus II (post test II), maka jumlah nilai rata-rata kelas semakin meningkat yaitu berjumlah 79,5 dengan demikian nilai tersebut dinyatakan tuntas dan siklus tidak dilanjutkan lagi. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD
dalam mempelajari teori dasar musik mendapatkan peningkatan hasil belajar siswa yang semakin meningkat. Hal ini menunjukan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran teori dasar musik.

Item Type: Article
Keywords: metode pembelajaran; kooperatip
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 23 Jun 2020 09:04
Last Modified: 23 Jun 2020 09:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39576

Actions (login required)

View Item
View Item