Diah, Halimatussa (2019) Penerapan Metode Pembelajaran Belajar Beraksi (Action Learning Method) Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Materi Tari Kreasi Batak Toba Di Kelas VIII SMP Parulian 1 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2141140014 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM. 2141140014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (809kB) | Preview
3. NIM. 2141140014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4. NIM. 2141140014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 2141140014 TABLE OF CONTENT-dikonversi.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
6. NIM. 2141140014 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 2141140014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 2141140014 APPENDICESdocx.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM. 2141140014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
13. NIM. 2141140014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 2141140014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam tari kreasi Batak Toba dengan menggunakan unsur pendukung tari. Teori yang digunakan adalah teori Zainal Aqib (2016:271). Dimana dalam teorinya mengatakan bahwa metode pembelajaran belajar beraksi (action learning method) yaitu belajar sambil beraksi. Action learning mengandung tiga elemen kunci yaitu : Task (tugas), team (kelompok) dan thoughtful (tindakan). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan uji t. Instrumen penelitian terdiri dari tiga aspek penelitian yaitu tenaga, ruang dan waktu dengan menggunakan properti Ulos dan Tandok. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kreativitas tari siswa meningkat setelah menggunakan metode pembelajaran belajar beraksi (action learning method). Rata-rata kreativitas tari siswa setelah menggunakan metode pembelajaran belajar beraksi (Action Learning Method) mengalami peningkatan dari rata-rata 64,4 (pretest) meningkat menjadi 92,1 (postest) yang memperoleh peningkatan sebesar 27,7. Hasil tersebut menunjukkan bahwa menggunakan Metode Pembelajaran belajar Beraksi (Action Learning Method) pada pembelajaran seni tari dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di SMP Parulian 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Pembelajaran belajar Beraksi (Action Learning Method); Kreativitas |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 11 Jul 2020 16:11 |
Last Modified: | 11 Jul 2020 16:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39560 |