Tiarahmi, Anisa (2019) Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Praktek Pada Pembelajaran Tortor Sombah Siswa Kelas X MAN 1 Simalungun. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2142140001 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 2142140001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
3. NIM. 2142140001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
4. NIM. 2142140001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM. 2142140001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 2142140001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2142140001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 2142140001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
12. NIM. 2142140001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM. 2142140001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam praktek Tortor Sombah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran praktek Tortor Sombah dengan menggunakan metode tutor sebaya serta untuk meningkatkan keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya. Metode pembelajaran yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tutor sebaya. Menurut Istarani (2017:150) mengatakan bahwa “Metode tutor sebaya adalah cara penyajian bahan ajar dengan memanfaatkan siswa yang telah mampu menguasai materi tersebut sementara siswa yang lainnya belum”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Simalungun dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Teori-teori yang digunakan untuk membantu pemecahan permasalahan dalam penelitian yakni tentang metode tutor sebaya, pembelajaran seni tari, Tortor Sombah, dan peningkatan kemampuan. Metode penelitian yang digunakan adalah tipe one group pre-test post-test design (skala likert). Dimana pre-test mencari hasil sebelum menggunakan metode tutor sebaya, sedangkan post-test mencari hasil sesudah menggunakan metode tutor sebaya dalam pembelajaran Tortor Sombah di MAN 1 Simalungun. Dari perolehan data diketahui hasil perhitungan untuk hasil nilai kemampuan praktek siswa pada pembelajaran Tortor Sombah sebelum menggunakan metode tutor sebaya (pre-test) dikategorikan Kurang Baik dengan nilai rata-rata = 53,23 sedangkan hasil nilai kemampuan praktek pada pembelajaran Tortor Sombah setelah menggunakan metode tutor sebaya (post-test) termasuk dalam kategori Baik dengan nilai rata-rata = 71,73 hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan praktek siswa pada pembelajaran Tortor Sombah kelas X MAN 1 Simalungun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Tutor Sebaya; Kemampuan Praktek |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 11 Jul 2020 16:11 |
Last Modified: | 11 Jul 2020 16:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39543 |