Gultom, Ibrahim (2016) Peran Pemerintah Daerah Dalam Rekrutmen Dan Penempatan Guru Di Indonesia : Suatu Tinjauan Dari Beberapa Dimensi. In: Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016, 12-15 Oktober 2016, Jakarta.
PEER REVIEW.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
Abstract
Salah satu komponen sistem pendidikan adalah guru, sekaligus sebagai salah satu komponen yang sangat
menentukan tinggi-rendahnya mutu lulusan di semua tingkat satuan pendidikan. Komponen guru ini menjadi
perhatian yang serius dari stakeholder pendidikan terutama pemerintah sebagai pengambil kebijakan jika
kita ingin melahirkan guru yang profesional. Dalam tulisan ini, penulis akan mencoba mengulas sistem
rekrutmen calon mahasiswa dan penempatan guru sekaligus mengaitkannya dengan dimensi demografis,
geografis dan sosiokultural masing-masing daerah dalam. Dari dimensi demografis berkaitan dengan
lukisan karakteristik sebuah daerah, sedang dari segi geografis-ekologis berarti behubungan dengan
karakteristik kondisi alam masing-masing daerah. Sementara dari dimensi sosiokultural erat kaitannya
dengan bahasa, kultur dan sistem sosial masyarakat daerah tertentu. Dengan kata lain sistem ini
menawarkan, baik rekrutmen maupun penempatan guru sudah harus dirancang sejak dari awal yang
bersumber dari putra-putri asli daerah masing-masing dengan mempertimbangankan ketiga dimensi
tersebut. Sistem ini bertujuan agar dapat melahirkan guru yang lebih familiar dengan lingkungan alam dan
masyarakatnya. Selain itu, dengan sistem ini diharapkan dapat menghindari banyaknya masalah yang
muncul pada guru di tengah-tengah masyarakat dan menghindari banyaknya guru yang berpindah tugas
karena alasan perbedaan agama, budaya serta kurang serasi dengan lingkungan lainnya. Manajemen
rekrutmen dan penempatan ini tentu dilakukan secara terncana dan terpadu oleh pemerintah daerah
kabupaten dan kota, karena merekalah yang memiliki data statistik penduduk, jumlah sekolah dan jumlah
kebutuhan guru daerahnya dalam jangka pendek maupun jangka panjang