Herliza (2019) PENERAPAN METODE ACTIVE DEBATE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS IX-1 MTSN 2 BIREUEN KABUPATEN BIREUEN T.P 2017/2018. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.
86.-herliza.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX-1 pada mata pelajaran bahasa inggris di MTsN 2 Bireuen Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran faktual mengenai: Penerapan Metode Active Debate Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas IX-1 MTsN 2 Bireuen Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 14 orang siswa lakilaki dan 16 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar bahasa Inggris dengan menggunakan metode active debate yaitu perolehan nilai rata-rata yang setiap siklusnya mengalami peningkatan. Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 6,57, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 7,57, dan mengalami peningkatan lagi pada siklus III yaitu memperoleh nilai rata-rata 8,33. Selain nilai rata-rata, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan diantaranya aspek mengajukan pertanyaan pada siklus I sebesar 16,67%, siklus II sebesar 10%, dan siklus III sebesar 25%.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Bahasa Inggris dan Metode Active Debate |
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jun 2020 08:44 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39450 |