Suhadah (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN PAKEM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA HIDUP RUKUN DI KELAS II-A MIN 1 BENER MERIAH KABUPATEN BENER MERIAH T.P 2017/2018. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.
83.-sUHADAH.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini tujuan untuk mendeskripsikan dampak penerapan Penerapan
pembelajaran PAKEM terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas II-A MIN 1 Bener Meriah Kabupaten Bener Meriah
T.P 2017/2018. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) dalam tema
hidup rukun dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa Kelas II-A MIN 1 Bener Meriah Kabupaten Bener Meriah. Dimana hasil belajar siswa meningkat dari siklus I yaitu dengan rata-rata 70,48 dan siklus II dengan rata-rata 76,36, begitu juga dengan aktivitas guru meningkat dari siklus 1 menjadi 4,08 menjadi 4,53.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | PAKEM dan Hidup Rukun |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jun 2020 08:26 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39447 |