Sufian (2019) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TDO PADA MATERI PERHITUNGAN REAKSI TUMPUAN DAN GAYA LINTANG MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR PRAPEMBELAJARAN KELAS X TKR2 SMKN I BENER MERIAH. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.
90.-Sufian.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berjudul: ”Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TDO pada Materi
Perhitungan Reaksi Tumpuan dan Gaya Lintang Melalui Metode Pemberian Tugas Terstruktur Prapembelajaran Kelas X
TKR2 SMKN 1 Bener Meriah”. Latar Belakang masalah, siswa tidak memiliki motivasi dalam mengikuti pembelajaran di
kelas dan nilai hasil belajar yang diperoleh siswa pada umumnya KKM. Tujuan penelitian, untuk mengetahui melalui
metode pemberian tugas terstruktur prapembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran TDO pada materi perhitungan reaksi tumpuan dan gaya lintang kelas X TKR2 SMKN 1 Bener Meriah. Pendekatan
penelitian ini pendekatan kualitatif. Jenis penelitian tindakan kelas. Tempat Penelitian, SMKN 1 Bener Meriah pada kelas X TKR2. Waktu penelitian dimulai tanggal 25 Agustus s/d 09 Oktober 2017. Subjek penelitian siswa kelas X TKR2 berjumlah 24 orang. Objek penelitian motivasi belajar siswa di kelas dan nilai hasil belajar siswa setelah mengikuti ujian tertulis. Prosudur penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melakukan pengamatan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dikelas serta melaksanakan ujian tertulis. Alat pengumpulan data lembaran pengamatan motivasi belajar siswa dan lembaran ujian tes tertulis. Teknik analisa data menggunakan rumus persentase baik untuk skor motivasi maupun nilai hasil belajar siswa. Pada siklus 1 jumlah siswa memiliki motivasi 18 orang (75 %) kriteri baik, sedangkan tidak memiliki motivasi 6 orang (25 %) kriteria kurang baik, jumlah siswa memperoleh nilai hasil belajar KKM 18 orang (75 %) kriteria baik, sedangkan KKM 6 orang (25 %) kriteria cukup. Pada siklus 2 jumlah siswa memiliki motivasi 22 orang (91,67 %) kriteri sangat baik, sedangkan tidak memiliki motivasi 2 orang (8,33 %) kriteria cukup, jumlah siswa memperoleh nilai hasil belajar KKM 22 orang (91,67 %) kriteria baik, sedangkan KKM 2 orang (8,33 %) kriteria cukup. Kesimpulan dari dua siklus adalah melalui metode pemberian tugas terstruktur prapembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran TDO pada materi perhitungan reaksi tumpuan dan gaya lintang kelas X TKR2 SMKN I Bener Meriah.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Jun 2020 18:15 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 05:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39444 |