UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT DILINGKUNGAN SMA NEGERI 1 DEWANTARA T.P 2018/2019

Zuraida (2019) UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT DILINGKUNGAN SMA NEGERI 1 DEWANTARA T.P 2018/2019. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 91.-Zuraida.pdf]
Preview
Text
91.-Zuraida.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview

Abstract

Peningkatan kinerja guru merupakan perihal yang sangat menentukan keberhasilan lembaga sekolah. Faktor guru sangat
menentukan mutu pendidikan, yang akan berimplikasi pada kualitas output. Maka untuk memperoleh output yang baik
diperlukannya kinerja guru yang baik pula. Dengan adanya kinerja guru yang baik maka akan diadakannya pemberian
reward dan punishment dari pihak sekolah. Sehingga kinerja guru mengalami peningkatan. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mencari alternatif pemecahan masalah sebagai upaya meningkatkan kinerja guru melalui pemberian reward dan
punishment di SMA Negeri 1 Dewantara Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh T.P 2018/2019. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang menggunakan 2 siklus kegiatan. Subyek penelitian adalah 64 orang guru mata
pelajaran di SMA Negeri 1 Dewantara. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, angket, dan dokumentasi.
Data dianalisis mengunakan teknik persentase. Berdasarkan analisis data, dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan
bahwa penerapan pemberian reward and punishment dapat meningkatkan kinerja guru. Dari hasil rekapitulasi pra lapangan diperoleh gambaran kinerja guru berada pada rentang katagori rendah yaitu 580 atau 39,40%. Kemudia pada siklus pertama, diperoleh persentase kinerja guru masih sedang yaitu nilai keinerja rata-rata sebesar 887 atau 60,26%. Selanjutnya pada siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan dari rendah menjadi tinggi dimana hasil yang diperoleh nilai total kinerja guru sebesar 1178 atau 80,03 artinya tindakan ini dinyatakan berhasil dimana guru sudah melaksanakan kinerjanya dengan baik, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan kesiklus berikutnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kinerja Guru, Reward Dan Punishment
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Jun 2020 18:08
Last Modified: 17 Jun 2020 05:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39443

Actions (login required)

View Item
View Item