Irmayanti (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SD MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.
1. 809725011 Judul.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
2. 809725011 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
3. 809725011 Abstrak.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. 809725011 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. 809725011 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. 809725011 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. 809725011 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. 809725011 Bab I.pdf - Published Version
Download (998kB) | Preview
9. 809725011 Bab V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
10. 809725011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui : (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy matematis siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy matematis siswa yang memperoleh pendekatan konvensional. (2) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy matematis. (3) Proses penyelesaian pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan pendekatan konvensional.Instrumen yang digunakan adalah : (1) Tes kemampuan awal matematika, (2) Tes kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) Angket self efficacy skala likert, (4) Lembar observasi. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas dan koefisien reliabilitas sebesar 0,87 dan 0,93 untuk kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy matematis.Jenis penelitian adalah kuasi-eksperimen. Subyek penelitian SD Negeri Pulo Jantan dan SD Negeri Impres Aek Kota Batu Kec: NA IX-X. Sampel eksperimen 66 siswa, sampel kontrol 63 siswa pengambilan sampel secara acak. Objek penelitian: kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy. Data penelitian tes awal, tes akhir dan proses penyelesaian.Dari penelitian pemecahan masalah diperoleh = 5,461 > = 3,07 terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi PMR dibandingkan dengan siswa yang diberi PMK. Untuk self efficacy diperoleh = 110,835 > = 3,07 terdapat perbedaan peningkatan self efficacy matematis siswa yang diberi PMR dibandingkan dengan siswa yang diberi PMK.Kesimpulan : Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy matematis siswa yang menggunakan PMR lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan PMK.Saran : PMR hendaknya menjadi alternatif pembelajaran bagi guru di SMP, terutama untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Irm p |
Keywords: | Self efficacy; Pembelajaran matematika realistik; Pemecahan masalah matematis; Pendekatan konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 May 2016 05:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3943 |