Sitohang, Ahong Riski J. (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS )BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK GELOMBANG MEKANIK DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152121048 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4152121048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
3. NIM. 4152121048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM. 4152121048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 4152121048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
9. NIM. 4152121048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
13. NIM. 4152121048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM. 4152121048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan PhET terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen yaitu untuk mengetahui perbedaan pada dua subjek yang diberi perlakuan berbeda. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI-IA2 SMA Negeri 7 Medan sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IA1sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 29,39 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 27,42. Pada pengujian normalitas untuk pretest pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,1427 dan Ltabel = 0,1542. Pada kelas kontrol Lhitung = 0,118 dan Ltabel = 0.1542 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Sedangkan pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,185 dan Ftabel =1,805 , sehingga didapat hasil bahwa Fhitung < Ftabel , bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan homogen atau dapat mewakili seluruh populasi yang ada.
Kemudian pada kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda. Nilai rata-rata hasil belajar pada posttest siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) adalah 76,06 dan dengan pembelajaran konvensional adalah 65,78. Selain nilai hasil belajar juga diperoleh diperoleh kenaikan rata-rata aktivitas untuk pertemuan I dan II di kel;as eksperimen yaitu sebesar 12,84 kategori cukup aktif.
Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t satu pihak diperoleh thitung = 5.39dan ttabel =1,669 , maka dismpulkan ada perbedaan akibat pengaruh penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS ) berbantuan media PhET pada materi pokok Gelombang Mekanik di kelas XI semester II SMA Negeri 7 Medan T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 175 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran langsung; Gelombang mekanik; Besaran fisis; Gelombang berjalan; Gelombang stationer; Physic education technology |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Jun 2020 15:24 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 12:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39425 |