Sekali, Endalina Br Karo and Tarigan, Monica Agita Br (2019) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.
25.-Endalina.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: hasil belajar PPKn siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 040444 Kabanjahe, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebanyak 35 orang dan siswa kelas V-B sebanyak 35 orang. Instrumen penelitian berupa angket interaksi sosial yang berjumlah 30 butir pernyataan. Analisis data menggunakan perangkat tes parametrik dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 25 dan Excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif memiliki ratarata sebesar 89,49 dan hasil belajar siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif rata-rata 88,2, dan terdapat interaksi sosial antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan interaksi sosial dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Interaksi Sosial, Hasil Belajar PPKn |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM1176 Social influence. Social pressure |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Jun 2020 13:16 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39420 |