PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DI ERA REVOLUSI 4.0

Sembiring, Ribka Kariani Br. (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DI ERA REVOLUSI 4.0. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 20.-Ribka.pdf]
Preview
Text
20.-Ribka.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kooperatif PBM (Pembelajaran Berbasis Masalah)
dan metode pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa pada matakuliah statistika.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PGSD semester 5 yang mengambil mata kuliah Statistika sejumlah 35 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah terdiri dari: (1) Lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; (2) Soal evaluasi hasil belajar aspek kognitif yang mengacu pada materi yang telah dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik model pembelajaran Jigsaw maupun model pembelajaran PBM dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa namun bila dibandingkan maka persentase peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa pada kedua metode berbeda secara signifikan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Jun 2020 12:36
Last Modified: 17 Jun 2020 02:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39416

Actions (login required)

View Item
View Item