Anwar, Khairul (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SMK NEGERI 13 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01. NIM. 5161131026 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
02. NIM. 5161131026 APPROVAL SHEIT.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
03. NIM. 5161131026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
04. NIM. 5161131026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
05._NIM._5161131026_TABLE_OF_CONTENT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
06. NIM. 5161131026 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
07. NIM. 5161131026 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
08. NIM. 5161131026 APPPENDICS.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
09. NIM. 5161131026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (681kB) | Preview
13. NIM. 5161131026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
14. NIM. 5161131026 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik SMK Negeri 13 Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SMK N 13 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL SMK Negeri 13 Medan yang mengikuti mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik, yaitu terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara Nonprobability sampling, yaitu dimana kelas XI TITL 1 sebagai kelas Eksperimen (kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Kontekstual) yang berjumlah 30 orang siswa. Serta kelas XI TITL 2 sebagai kelas Kontrol (kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori) yang berjumlah 29 orang siswa.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test, indeks kesukaran soal, reliabilitas test, pengolahan data, dan teknik analisis data. Hasil belajar siswa pada materi pokok yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) memiliki skor rata-rata 84,96 sedangkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori memiliki skor rata-rata 77,68. Secara statistik dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di kelas XI SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2019/2020, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 2,14> 2,002.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 ELK 027 |
Keywords: | Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Hasil Belajar Instalsi Penerangan Listrik |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4125 Electric lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Jun 2020 15:22 |
Last Modified: | 20 May 2024 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39401 |