Siregar, Budi Halomoan and Manurung, Nurliani (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN PERANGKAT LUNAK AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS POLYA'S FOUR-STEP PROBLEM SOLVING. Jurnal School Education, 07 (03). pp. 296-304. ISSN 2355-1720
Reviewer.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan memanfaat perangkat lunak autograph dalam proses belajar pemrograman linier. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses belajar dikelas sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan pemecahan mahasiswa. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilakukan terhadap 37 mahasiswa pendidikan matematika A 2015 pada tahun akademik 2016/2017. Data pada penelitian ini diperoleh melalui proses observasi dan pemberian tes pemecahan masalah. Selanjutnya, data tersebut dianalisis melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, pemaparan data, dan menarik kesimpulan. Selanjutnya, hasil penelitian ini memperlihatkan terjadinya peningkatan kemampuan pemecahan
masalah mahasiswa baik pada indikator pemahaman masalah, perencanaan masalah, melaksanakan rencana, dan menyimpulkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Pemecahan masalah; Autograph; Perangkat lunak; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Apr 2020 05:46 |
Last Modified: | 24 Apr 2020 05:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39218 |