Sijabat, Osco Parmonangan (2011) ANALISIS PENGEMBANGAN SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) OLEH GURU-GURU DI SMP SWASTA NUSANTARA TANAH JAWA KABUPATEN SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188830029 Judul.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. 081188830029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 081188830029 Abstrak.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. 081188830029 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5. 081188830029 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. 081188830029 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. 081188830029 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. 081188830029 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
9. 081188830029 Bab I.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
10. 081188830029 Bab V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
11. 081188830029 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan silabus kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)oleh guru-guru di SMP Swasta Nusantara Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. Dari permasalahan penelitian ini yaitu pemahaman guru tentang pelaksanaan dan pengembangan silabus KTSP, maka penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif.Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan menganalisis faktor-faktor pendukung maupun penghambat pengembangan silabus KTSP yang dilakukan oleh guru-guru di SMP Swasta Nusantara Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. Lokasi yang dipilih adalah SMP Swasta Nusantara Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil temuannya bahwa dalam hal pengembangan KTSP, guru guru SMP Swasta Nusantara Tanah Jawa Kabupaten Simalungun belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri, tetapi masih mengadopsi model silabus dari Depdiknas. Beberapa masukan berupa saran bagi para guru dan pihak sekolah di SMP Swasta Nusantara Tanah Jawa Kabupaten Simalungun antara lain:1. Para guru sebaiknya selalu meningkatkan pemahaman mengenai pengembangan KTSP dengan mengikuti seminar-seminar, workshop, rapat kerja KTSP atau mempelajari buku-buku KTSP, sehingga proses pembelajaran akan semakin berkualitas.2. Sebaiknya sosialisasi dari dinas pendidikan kabupaten maupun kecamatan dilakukan secara rutin agar guru sebagai pribadi yang memiliki tanggung jawab langsung terhadap kemajuan belajar siswanya mampu mengembangkan silabus KTSP secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 375.001 Sij a |
Keywords: | Silabus; Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 19:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3900 |