ANALISIS PENGEMBANGAN SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) OLEH GURU-GURU DI SMP SWASTA NUSANTARA TANAH JAWA KABUPATEN SIMALUNGUN

Sijabat, Osco Parmonangan (2011) ANALISIS PENGEMBANGAN SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) OLEH GURU-GURU DI SMP SWASTA NUSANTARA TANAH JAWA KABUPATEN SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 081188830029 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 081188830029 Judul.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. 081188830029 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 081188830029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. 081188830029 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 081188830029 Abstrak.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 4. 081188830029 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 081188830029 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 5. 081188830029 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 081188830029 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 6. 081188830029 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 081188830029 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 7. 081188830029 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 081188830029 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 8. 081188830029 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 081188830029 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 9. 081188830029 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 081188830029 Bab I.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[thumbnail of 10. 081188830029 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 081188830029 Bab V.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 11. 081188830029 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 081188830029 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan silabus kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)oleh guru-guru di SMP Swasta Nusantara Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. Dari permasalahan penelitian ini yaitu pemahaman guru tentang pelaksanaan dan pengembangan silabus KTSP, maka penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif.Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan menganalisis faktor-faktor pendukung maupun penghambat pengembangan silabus KTSP yang dilakukan oleh guru-guru di SMP Swasta Nusantara Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. Lokasi yang dipilih adalah SMP Swasta Nusantara Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil temuannya bahwa dalam hal pengembangan KTSP, guru guru SMP Swasta Nusantara Tanah Jawa Kabupaten Simalungun belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri, tetapi masih mengadopsi model silabus dari Depdiknas. Beberapa masukan berupa saran bagi para guru dan pihak sekolah di SMP Swasta Nusantara Tanah Jawa Kabupaten Simalungun antara lain:1. Para guru sebaiknya selalu meningkatkan pemahaman mengenai pengembangan KTSP dengan mengikuti seminar-seminar, workshop, rapat kerja KTSP atau mempelajari buku-buku KTSP, sehingga proses pembelajaran akan semakin berkualitas.2. Sebaiknya sosialisasi dari dinas pendidikan kabupaten maupun kecamatan dilakukan secara rutin agar guru sebagai pribadi yang memiliki tanggung jawab langsung terhadap kemajuan belajar siswanya mampu mengembangkan silabus KTSP secara mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 375.001 Sij a
Keywords: Silabus; Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 11 May 2016 19:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item
View Item