Siregar, Hafidatul Husna (2020) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dan Masalah dalam Tatanan Pembelajaran Kontekstual pada Perkuliahan Mikrobiologi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Sikap Ilmiah, Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Biologi FMIPA Unimed. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166174009 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8166174009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
3. NIM. 8166174009 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
4. NIM. 8166174009 PREFACE .pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
5. NIM. 8166174009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 8166174009 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM. 8166174009 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8166174009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 8166174009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
13. NIM. 8166174009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
14. NIM. 8166174009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis proyek dan masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, sikap ilmiah dan keterampilan proses sains mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA semester V Universitas Negeri Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi terdiri dari 7 kelas dan sampel diambil 3 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling yaitu kelas reguler (C) 27 mahasiswa mendapat perlakuan penerapan pembelajaran berbasis proyek, kelas ekstensi (A) 23 mahasiswa mendapat perlakuan penerapan pembelajaran berbasis masalah, kelas ekstensi (B) 22 mahasiswa (kelas kontrol) mendapat perlakuan pembelajaran langsung. Instrumen penelitian berbentuk soal uraian untuk menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan keterampilan proses sains, sedangkan angket untuk menguji sikap ilmiah. Teknik analisis data menggunakan analisis kovariat (ANAKOVA) pada taraf signifikan α = 0.05 dengan bantuan program SPSS 23 for Windows. Hasil analisis data diperoleh pembelajaran berbasis proyek lebih baik dari pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran langsung: (1) Kemampuan berpikir tingkat tinggi memiliki nilai (mean=88,89), dengan signifikansi 0.000 < 0.05; (2) Pada sikap ilmiah nilai (mean= 88,26), dengan signifikansi 0.000 < 0.05; dan (3) Keterampilan proses sains memiliki nilai (mean= 88,37), dengan signifikansi 0.000 < 0.05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Sir p |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Proyek dan Masalah; Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Sikap Ilmiah; Keterampilan Proses Sains; Mikrobiologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 10:49 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 10:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38982 |