Zahara, Rita (2013) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI WAHANA SISTEMIK UNTUK PEMBENTUKAN MORAL SISWA (STUDI KASUS TERHADAP PARTISIPASI WARGA SEKOLAH DI SD SWASTA PERTIWI KOTA MEDAN). Masters thesis, UNIMED.
1. 809182030 Judul.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. 809182030 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. 809182030 Abstrak.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. 809182030 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. 809182030 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. 809182030 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. 809182030 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. 809182030 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9. 809182030 Bab I.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
10. 809182030 Bab V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
11. 809182030 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana program perencanaan pendidikan karakter yang diimplementasikan sebagai wahana sistemik dalam pembentukan moral siswa di SD Swasta Pertiwi Kota Medan; (2) Bagaimana program pelaksanaan pendidikan karakter yang diimplementasikan sebagai wahana sistemik dalam pembentukan moral siswa di SD Swasta Pertiwi Kota Medan; (3) Bagaimana program evaluasi pendidikan karakter yang diimplementasikan sebagai wahana sistemik dalam pembentukan moral siswa di SD Swasta Pertiwi Kota Medan; (4) Bagaimana partisipasi warga sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SD Swasta Pertiwi Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik angket, wawancara, observasi, dan kajian dokumen. Dalam menganalisis data digunakan langkah-langkah model Miles dan Huberman yaitu pemaparan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan, selanjutnya data diuji keabsahanya dengan mengacu kepada standar validitas (credibility, transferability, dependability, dan confirmability) selanjutnya pada masing-masing temuan dari hasil penelitian dikaitkan satu sama lain untuk membangun rangkaian yang logis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah dalam melaksanakan program pendidikan karakter sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari beberapa program diantaranya adalah: (1) Program perencanaan meliputi: merancang kondisi sekolah yang kondusif, merancang kurikulum pendidikan karakter secara eksplisit, merancang pengelolaan ruangan kelas dan lingkungan luar kelas; (2) Pada program pelaksanaan, diantaranya: kerjasama antar warga sekolah, menerapkan keteladanan, pengembangan budaya sekolah, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler; (3) Program evaluasi diantaranya: kerjasama dengan orang tua peserta didik, kontrol terhadap pendidikan karakter siswa; (4) Program partisipasi warga sekolah dilaksanakan secara kolaboratif atas kerjasama dan mengikutkan seluruh personil sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.1 Zah i |
Keywords: | Wahana sistemik; Pendidikan karakter; Moral; Kurikulum; Pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 18:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3896 |